Tuesday, May 22, 2012

Mitologi Norse

Pengantar Bangsa Norse
The Norse / Nordik (Orang-orang dari Utara) sekarang dikenal sebagai orang-orang Skandinavia, yaitu : Norwegia, Swedia, Denmark, Islandia dan Kepulauan Foeroe. Orang-orang Norse ini sering diidentikan dengan bangsa Viking (thn 750 - 1070), walaupun kultur dari bangsa Norse ini sendiri sudah ada jauh sebelum zaman bangsa Viking, yaitu sekitar 1600 - 450 SM, sebelum masehi. Bangsa Norse ini terkenal sebagai pembuat kapal-kapal yang hebat, navigator dan penjelajah (explorer) yang ulung. Mereka memiliki loyalitas yang tinggi terhadap klan dan keluarga mereka.
Pada era masa Viking ini, bangsa Norse kemudian melebar dan berpopulasi di daerah-daerah seperti Inggris Raya, Eropa, Amerika Utara dan Rusia. Cerita-cerita atau mitologi Norse ini originalnya tidak di tulis melainkan diceritakan secara turun-temurun hingga masuknya Nasrani sekitar abad ke-13. Para sarjananya kemudian mengabadikan mitoligi Norse ini ke dalam bentuk tulisan-tulisan.




PROSES PENCIPTAAN [Dalam Mitologi Nordik]
 Awal Mula
Dalam mitologi Norse, pada mulanya tidak ada matahari, bulan maupun bintang. Tidak ada daratan maupun lautan. Hanya ada kekosongan yang disebut Ginnungagap. Kemudian selelah jutaan tahun, muncul percikan kehidupan, yang mengambil bentuk raksasa Ymir dan Audhumla (sapi yang sangat besar yang memberikan Ymir susu). Suatu ketika, Audhumla menjilat sebongkah es, dan membentuknya sesuatu yang berbentuk seperti tubuh manusia, yang kemudian diberi nama Buri, leluhur para dewa pertama, Odin, Vili dan Ve [anak-anak Bor].
Sementara itu, saat Ymir tertidur, dari ketiaknya muncul segerombolan raksasa yang kemudian disebut Hrimthurssar [Frost Giant]



Penciptaan Bumi
Odin dan saudara-saudaranya sering bertengkar dengan para Hrimthurssar, dalam salah satu pertengkaran mereka, berakibat pada kematian Ymir. Darah Ymir mengalir bagaikan banjir besar yang menyeret dan membunuh para raksasa kecuali Bergelmir dan istrinya. Odin, Vili dan Ve kemudian menyeret tubuh Ymir ke Ginnungagap dan dimulailah proses penciptaan dunia. Mereka membuat Bumi dari dagingnya, gunung dan bukit dari tulang-tulangnya dan batu-batuan dari giginya. Rambut Ymir yang ikal menjadi pohon yang rindang dengan segala vegetasi lainnya. Darahnya, menjadi danau dan lautan dan samudera. Mereka kemudian meletakan alis Ymir disepanjang tanah hijau dan jadilah suatu daerah yang disebut Midgard atau Middle-Earth.

Penciptaan Langit
Odin dan para saudaranya, kemudian menciptakan kubah langit dari tengkorak Ymir, otaknya dilemparkan tinggi-tinggi keatas sehingga menjadi awan. [dalam versi Snorri, disebutkan bahwa ke-empat sudut langit ditopang oleh empat dwarf yang bernama Nordi, Sudri, Austri dan Vestri. Nama-nama mereka menjadi nama bagi empat titik kompas, Utara, Selatan, Timur dan Barat.] Para dewa kemudian mengambil bunga dan bara api dari Muspellheim untuk membuat matahari, bulan dan bintang-bintang.
Matahari dan bulan ditempatkan pada kereta-kereta yang ditarik oleh beberapa kuda. Kereta yang membawa matahari dikendarai oleh Sol anak dari Mundilfari, kudanya bernama Arvakr dan Alsvid. Sol memiliki perisai yang diberi nama Svalin untuk melindunginya dari sengatan sinar matahari. Sedangkan kereta yang membawa Bulan dikendarai oleh Mani [juga anak dari Mundilfari] dengan dua orang pembantu bernama Bil dan Hjuki. Kudanya bernama Aldsvider. Matahari dan Bulan tidak bisa berhenti dalam perjalanan mereka melintasi langit, karena mereka selamanya dikejar oleh dua serigala yang mengerikan, Sköll dan Hati Hroduittnisson. Setiap harinya, Hati berhasil menggigit bulan namun pada awal bulannya ia selalu tumbuh kembali [bulan purnama s/d bulan mati]. Pada akhirnya, di Ragnarok [Judgement Day], para baik matahari maupun bulan berhasil dilahap oleh kedua serigala.

Asgard
Para dewa kemudian membuat bagi mereka tempat yang indah, Asgard, rumah para dewa. Asgard, tempat para dewa dan Midgard [Middle Eart] tempat manusia ini dihubungkan oleh jembatan pelangi, Bilrost. Asgard dan Midgard beserta tujuh dunia lainnya berada dalam topangan dan naungan sebuah pohon besar yang bernama Yggdrasil.
Hide Yggdrasil


Keterangan : Midgard [dunia manusia], Alfeimr [dunia para elves], Svartalfaheim [dunia dwarves/dark elves], Vanaheimr [dunia para Vanir], Muspellheim [dunia api], Jotunheimr [dunia para jotun], Niflheim [dunia es], Asgard [dunia para Aesir], Hel / Infierno [dunia nidavellir/ netherworld]

Manusia dan Ras lainnya
Pada suatu ketika, ketiga dewa, Odin, Vili dan Ve sedang berjalan-jalan disepanjang pantai ketika mereka melihat dua batang pohon tergeletak ditepi air. Bentuk-bentuk pohon itu sangat indah. Odin kemudian meniupkan kehidupan kedalamnya, Vili memberikan mereka kemampuan untuk berbicara dan berpikir, sedangkan Ve memberikan kehangantan, warna dan gerakan. Mereka menciptakannya menjadi manusia. Manusia laki-laki pertama diberi nama Ask [Ash], sedangkan manusia perempuannya diberi nama Embla [Elm]. Pada dewa ini kemudian menempatkan mereka di Midgard sebagai tempat untuk hidup. Mereka kemudian menjadi nenek-moyang bagi manusia selanjutnya.
Dari belatung yang berasal dari mayat Ymir yang membusuk, para dewa kemudian membentuk Dwarfs [versi lain: Dark Elves] . Para dwarfs pertama adalah Motsognir dan Durinn, mereka dibentuk hampir mirip seperti manusia dan dikaruniai dengan otak walaupun jelek, cacat, serakah dan egois. Para dewa memberi mereka Svartalfheim, alam bawah tanah yang gelap, menempatkan mereka disana dan diberi tanggungjawab atas harta bumi seperti emas, permata dan logam berharga lainnya. Mereka adalah penambang dan tukang besi [logam] yang hebat. Dalam beberapa versi mitologi Norse, Dwarfs ini sering diasosiasikan sebagai Dark Elves. Para Elves sendiri sebenarnya (originalnya) adalah keturunan para Varnir, tempat tinggal mereka di Alfheimr. Mereka ini sering disebut Light Elves, pemimpin mereka adalah Dewa Frey, atau yang sering disebut Lord’s of the Elves. Sedangkan para raksasa generasi baru kemudian muncul dari Bergelmir dan keturunannya, mereka ini dikenal dengan nama Jotun. Jotunheimr adalah nama tempat mereka tinggal.

1 comments:

sablon cup said...

mantap artikelnya.

www.kiostiket.com

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes